Selasa, 03 April 2018

1 Korint 12 : 14 - 27


EV. 1 KORINTUS 12 : 14 - 27
MARIMBAR BE SONGON PAMATANG

Patujolo.
Tarbarita do huta Korint na mansai ribur. Didok huta na ribur ala “Kota Pelabuhan” do huta i dohot “Kota Partiga-tigaan”. Marroan ma tu huta i angka partiga-tiga sian desa na ualu angka na marimbar paradatonna, jala na deba laos gabe tinggal do di huta i. Alai ndada holan ala nii umbahen na gabe tarbarita Huta Korint, adong do i muse deba ala di huta i do pamusatan ni parsiajaran, “Kota Olahraga”, jala Inganan Parsombaon tu “Dewa Cinta-AFRODITE”. Gabe mangkorhon ma i muse tu angka pangalaho ni luat i, patubu angka parmabuhon dohot pangalangkupon. Ala nii do dipasingot Apostel Paulus angka ruas ni Huria Korint asa unang gabe sarombang nasida dohot angka ulaon haportibion, dipasiding ma i saluhutna ai sai mangkorhon tu hajahaton dohot dosa do angka pangalaho si songon i.

Hatorangan  Ni Turpuk
Andorang so turpuk on, di pasingot do jolma i asa mangolu di bagasan hasadaon nang pe marimbar angka parbinotoan nang angka ulaonna (karisma). Tu na sada dilehon do hata habisuhon, tu na asing parbinotoan, tu na asing haporseaon, tu na asing huaso pamalumhon, tu na asing gogo patupahon halongangan, tu na asing panurirangon, tu na asing mangkatahon di hata na leban, tu na asing pajojorhon parhataan i. Alai sian Debata do haroroan ni i saluhutna, ai saguru pangalehon ni Debata do i hombar tu parsagina. Dipasahat pe i marimbar be, laho manumpak angka ulaon do i lumobi pararathon Harajaon ni Debata (pat. 1 Kor 12:28-29, Rom 12:6-8, Ef 4:11).

Turpuk on paingothon huhut paturehon pangantusion na marimbar di tonga ni Huria Korint ala na marimbar be hasurunganna (silehon-lehon). Alani angka haimbaron i, gabe masa ma “hamaolon” laho marsada. Ai masietong dirina be ma na ummangat martimbanghon na deba. Gabe masa ma na paburnang diri ala dietong ibana ma dirina na rumingkot sian donganna na asing. Ndang adong pangarajumon paboa sian Debata do haroroan ni i saluhut. Ndang boi ruas marsada molo sai tubu do di tonga ni i na masituhasan, na masitondongan, na masilatean dna. Dipatorang Apostel Paulus do, ia ruas na marragam dos do i songon pamatang ni jolma. Adong do tangan, simanjojak, simalolong, sipareon, pamangan, siubeon dna, alai sada do simanjujung inganan ni pingkiran manang utokutok, na mamarenta saluhut ruas ni pamatang on. Ai marragam pe ruas huria, alai sada do uluna i ma Kristus, na mamarenta sandok ngolunta on. Asa molo adong pe haboionta sian na asing, tapangke ma i laho pasangaphon Debata, ai sian Debata do i saluhutna. Laos songon i do nang di angka huria, sai adong do halak Batak, nias, adong na mora, adong na pogos, adong na gogo adong na gale, dos do i sude di bagasan Kristus, pinasada ni Tondi Parbadia marhite pandidion nabadia (Gal.3:28). Ndang jadi dohonon ni simanjojak na so ringkon simalolong, sabalikna ndang jadi dohonon ni simalolong na so porlu simanjojak. Ai rap mangula be do i saguru tu ulaonna be huhut rap masitumpakan (ay.14, 17, 21).

Molo marimbar pe haboion, hamoraon, hagogoon, hamaloon, nang angka hasurungan na be, alai ndang patupaon i laho mansoadahon na asing molo pe adong haasingonna. Narumingkot i ma beha do asa masitomuan huhut masijangkonan ruas na sada tu ruas na sada di angka hahurangan nang halobionna be, dung i mamangke i laho pahembangkon Harajaon ni Debata. Marruhut jala mardalan ma di saguru tu parsagi ni silehon-lehon i asa uli pardalanan ni huria. Ndada laho “berkompetisi-menyalahgunakan” silehon-lehon i songon na masa di huria Korint, alai masitolopon angka ulaon na denggan nasa na boi dipatupa. Na rap mangula do sude ruas ni pamatang ni Kristus saguru silehon-lehon i, alai Kristus do anggo na mangalehon i di hita marimbar be asa mangula hita saguru tu pangalehon i, ndada ala ni angka sipatupaonta umbahen na adong be angka hasurunganta. Gale manang gogo ruas ni pamatang i, hot do i di bagasan sada daging. Gale manang gogo ruas ni Kristus i, hot do i di bagasan hasadaon ni Pamatang ni Kristus. Amen.


 1 Korintus 12 : 14 - 27
BERAGAM DALAM KESATUAN, BERSATU DALAM KEBERAGAMAN

1. Pluralitas atau keragaman gereja rupanya bukan baru terjadi pada masa kini atau beberapa waktu terakhir ini. Sejak awal berdirinya gereja rupanya sudah beragam atau tidak lagi seragam. Bila kita perhatikan gereja yang tercermin melalui Injil Matius, berbeda coraknya dengan gereja yang dicerminkan Injil Yohannes. Gereja yang dicerminkan surat Ibrani juga sangat berbeda dengan gereja-gereja yang tampak melalui surat-surat Paulus. Namun keberagaman itu tidaklah mengganggu atau merusak iman kepada Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus yang satu. Dengan kata lain jemaat-jemaat itu mengaku satu Tuhan yaitu Yesus Kristus, namun ekspressi dan tafsiran mereka kepada amanat Tuhan yang satu itu sangat beragam dan memiliki banyak perbedaan.

2. Jemaat Korintus sendiri, sama seperti kota pelabuhan yang mereka diami, sangat beragam atau plural serta kompleks. Keanggotaan jemaat tidak melulu orang-orang keturunan Kristen Yahudi melainkan juga keturunan Yunani. Ekspressi keagamaan dan spritualitas tidak seragam, ada yang bersifat reflektif meditative dan ada juga yang bersifat antusias kharismatik. Di kalangan pelayan juga tidak seragam. Para pelayan jemaat Korintus juga mengalami perbedaan pendapat dan sikap yang sangat tajam dan cenderung kepada pengkubu-kubuan.

3. Rasul Paulus memakai metafora tubuh manusia untuk menjelaskan kepada jemaat Korintus bagaimana mereka harus memahami dan menghayati keberagaman dan kesatuan hidup gereja. Sebenarnya dalam surat Korintus Rasul Paulus tidak hanya memakai lukisan tubuh untuk menggambarkan gereja. Dia juga melukiskan gereja sebagai ladang dan bangunan. Gereja sebagai kawanan domna, persekutuan guru-murid, mempelai wanita dll. Dengan demikian kita mau disadarkan bahwa lukisan tubuh ini bukanlah satu-satunya metafora atau gambaran tentang gereja.  Menarik untuk direnungkan, mengapa Paulus melukiskan gereja bagaikan tubuh manusia? Pertama: gereja adalah persekutuan yang hidup, dan bukan benda mati. Kristus sungguh hidup dan anggota-anggotaNya juga orang-orang yang hidup. Gereja bukan batu atau seonggok tunggul kering. Roh Kudus menghidupkan gereja dan juga anggota-anggotanya. Kedua: Gereja bertumbuh dan dinamis. Paulus sangat menyukai gereja yang dinamis. Gereja bukan tubuh mati, mayat atau bangkai. Jika diumpamakan sebagai pohon, gereja bukan tunggul kering. Gereja ibarat anak manusia yang bertumbuh menuju kedewasaannya atau bergerak aktif melakukan berbagai karya pelayanan. Kesatuan gereja sebab itu juga harus dipahami dalam rangka pertumbuhan dan pendewasaan. Bukan kesatuan yang statis atai mati. Ketiga: gambaran tubuh manusia merupakan kesatuan kepala dan badan. Tubuh tanpa kepala sama sekali mati, begitu juga kepala tanpa tubuh. Kristus adalah kepala dan anggota jemaat adalah tubuhnya. Ini adalah kesatuan yang sungguh tidak terpisahkan. Tanpa Kristus, maka tidak ada arti gereja sama sekali.

4. Gambaran tubuh sangat sempurna menjelaskan tentang solidaritas atau perasaan sepenanggungan. Jika tangan kita sakit maka seluruh tubuh kita ikut merasakannya. Jika kita memiliki mata yang indah maka seluruh tubuh kita ikut merasakan bangga. Itulah yang terjadi sehari-hari dalam keliarga inti kita. Jika anak kita sakit maka orang tua juga merasakannya. Rasul Paulus mengatakan perasaan sepenanggungan seperti itu harus juga terjadi dalam jemaat yang adalah tubuh Kristus. Namun itu tidak dapat terjadi dengan sendirinya. Berbeda dengan tubuh manusia (tangan, kaki, kepala, perut dll sejak lahir sudah bersatu) atau keluarga, maka anggota gereja tidak sejak wal bersatu dengan yang lain. Kedekatan dan persatuan anggota gereja dengan anggota lain terbentuk karena kesengajaan dan melalui proses waktu. Walaupun demikian jika anggota jemaat sungguh-sungguh hidup dalam Kristus dan Roh Kudus, maka persatua dan sikap sepenanggungan itu bisa lebih kuat dan dalam.

5. Tubuh memang satu namun anggotanya banyak dan beragam. Disini kesatuan dan keberagaman sama nilai dan berharganya. Kesatuan dalam jemaat bukanlah untuk menindas dan menghilangkan keberagaman dan keunikan. Sebaliknya, keberagaman dan keunikan masing-masing anggota bukan alas an untuk bercerai atau berpisah. Bagaimana kita mendamaikan keberagaman dan kesatuan itu? Bagaimanakah agar masing-masing pihak yang berbeda itu merasa diterima dan diakui serta diteguhkan? Gambaran tubuh hendak memotifasi kita menghayati keragaman dan kesatuan dengan wajar. Keberagaman adalah kekayaan dan kesatuan adalah kekuatan. Tuhan tidak menyuruh kita untuk seragam dalam segala hal. Namun Tuhan juga tidak menyuruh kita untuk bermusuhan dan saling menghancurkan karena perbedaan itu. Disinilah kita diingatkan agar saling menghormati. Tidak ada anggota yang pantas dilecehkan atau dihina. Tidak ada juga yang wajib mendapat penghormatan yang berlebihan. Pertanyaan: bagaimanakah dalam jemaat sikap saling menghormati ini diberlakukan, diwujudkan? Seali lagi sikap saling hormat dan bekerjasama dalam jemaat tidak pernah boleh terwujud dengan sendirinya atau otomatis. Perlu ada upaya serius dan terus-menerus untuk mewujudkanna menjadi kenyataan. Dan kata kuncinya adalah ketaatan kepada Kristus sebagai kepala. Artinya tanpa ketaatan kepada Kristus maka anggota jemaat bisa seperti penggalan-penggalan tubuh yang tercerai berai. Sebab itu yang utama harus kita lakukan adalah taat kepada Kristus sebagai kepala.

6. Namun kerjasama dalam jemaat lebih daripada mata, telinga dan jari kaki. Anggota jemaat adalah pribadi yang bernyawa, punya perasaan, pikiran dan kehendak. Bukan sekadar penggalan mata, telinga, kuku, atau rambut. Anggota jemaat dapat saling mengasihi dan saling membantu secara kreatif dan kritis. Lebih dari itu anggota jemaat dapat melakukan pergantian dan giliran peran. Dalam tubuh mata tidak pernah berubah jadi telinga, kaki tidak pernah berubah menjadi perut. Dalam jemaat, itu bisa dilakukan. Gereja bukan organisasi kasta atau beku. Anggota jemaat dapat berubah, bergeser dan berpindah, termasuk peran dan kedudukannya. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar