EV. 1
KORINTUS 12 : 14 - 27
MARIMBAR BE SONGON PAMATANG
Patujolo.
Tarbarita
do huta Korint na mansai ribur. Didok huta na ribur ala “Kota Pelabuhan” do
huta i dohot “Kota
Partiga-tigaan”. Marroan ma tu huta i angka partiga-tiga sian desa na ualu
angka na marimbar paradatonna, jala na deba laos
gabe tinggal do di huta i. Alai ndada holan ala nii umbahen na gabe tarbarita
Huta Korint, adong do i muse deba ala di huta i do pamusatan ni parsiajaran,
“Kota Olahraga”, jala Inganan Parsombaon tu “Dewa Cinta-AFRODITE”. Gabe
mangkorhon ma i muse tu angka pangalaho ni luat i, patubu angka parmabuhon
dohot pangalangkupon. Ala
nii do dipasingot Apostel Paulus angka ruas ni Huria Korint asa unang gabe
sarombang nasida dohot angka ulaon haportibion, dipasiding ma i saluhutna ai
sai mangkorhon tu hajahaton dohot dosa do angka pangalaho si songon i.
Hatorangan Ni Turpuk
Andorang
so turpuk on, di pasingot do jolma i asa mangolu di bagasan hasadaon nang pe
marimbar angka parbinotoan nang angka ulaonna (karisma). Tu na sada dilehon do
hata habisuhon, tu na asing parbinotoan, tu na asing haporseaon, tu na asing
huaso pamalumhon, tu na asing gogo patupahon halongangan, tu na asing
panurirangon, tu na asing mangkatahon di hata na leban, tu na asing pajojorhon
parhataan i. Alai sian Debata do haroroan ni i saluhutna, ai saguru pangalehon
ni Debata do i hombar tu parsagina. Dipasahat pe i marimbar be, laho manumpak angka ulaon do i lumobi
pararathon Harajaon ni Debata (pat. 1 Kor 12:28-29, Rom 12:6-8, Ef 4:11).
Turpuk
on paingothon huhut paturehon pangantusion na marimbar di tonga ni Huria
Korint ala na marimbar be hasurunganna (silehon-lehon). Alani angka haimbaron
i, gabe masa ma “hamaolon” laho marsada. Ai masietong dirina be ma na ummangat
martimbanghon na deba. Gabe masa ma na paburnang diri ala dietong ibana ma dirina na
rumingkot sian donganna na asing. Ndang adong pangarajumon paboa sian Debata do
haroroan ni i saluhut. Ndang boi ruas marsada molo sai tubu do di tonga ni i na
masituhasan, na masitondongan, na masilatean dna. Dipatorang Apostel Paulus do,
ia ruas na marragam dos do i songon pamatang ni jolma. Adong do tangan,
simanjojak, simalolong, sipareon, pamangan, siubeon dna, alai sada do
simanjujung inganan ni pingkiran manang utokutok, na mamarenta saluhut ruas ni
pamatang on. Ai marragam pe ruas huria, alai sada do uluna i ma Kristus, na mamarenta sandok ngolunta
on. Asa molo adong pe haboionta sian na asing, tapangke ma i laho pasangaphon
Debata, ai sian Debata do i saluhutna. Laos songon i do nang di angka huria,
sai adong do halak Batak, nias, adong na mora, adong na pogos, adong na gogo
adong na gale, dos do i sude di bagasan Kristus, pinasada ni Tondi Parbadia
marhite pandidion nabadia (Gal.3:28). Ndang jadi dohonon ni simanjojak na so
ringkon simalolong, sabalikna ndang jadi dohonon ni simalolong na so porlu
simanjojak. Ai rap mangula be do i saguru tu ulaonna be huhut rap masitumpakan
(ay.14, 17, 21).
Molo
marimbar pe haboion, hamoraon, hagogoon, hamaloon, nang angka hasurungan na be,
alai ndang patupaon i laho mansoadahon na asing molo pe adong haasingonna.
Narumingkot i ma beha do asa masitomuan huhut masijangkonan ruas na sada tu
ruas na sada di angka hahurangan nang halobionna be, dung i mamangke i laho
pahembangkon Harajaon ni Debata. Marruhut jala mardalan ma di saguru tu parsagi
ni silehon-lehon i asa uli pardalanan ni huria. Ndada laho
“berkompetisi-menyalahgunakan”
silehon-lehon i songon na masa di huria Korint, alai masitolopon angka ulaon na
denggan nasa na boi dipatupa. Na rap mangula do sude ruas ni pamatang ni
Kristus saguru silehon-lehon i, alai Kristus do anggo na mangalehon i di hita
marimbar be asa mangula hita saguru tu pangalehon i, ndada ala ni angka
sipatupaonta umbahen na adong be angka hasurunganta. Gale manang gogo ruas ni
pamatang i, hot do i di bagasan sada daging. Gale manang gogo ruas ni Kristus
i, hot do i di bagasan hasadaon ni Pamatang ni Kristus. Amen.
1 Korintus 12
: 14 - 27
BERAGAM DALAM
KESATUAN, BERSATU DALAM KEBERAGAMAN
1.
Pluralitas atau keragaman gereja rupanya bukan baru terjadi pada masa kini atau
beberapa waktu terakhir ini. Sejak awal berdirinya gereja rupanya sudah beragam
atau tidak lagi seragam. Bila kita perhatikan gereja yang tercermin melalui
Injil Matius, berbeda coraknya dengan gereja yang dicerminkan Injil Yohannes.
Gereja yang dicerminkan surat
Ibrani juga sangat berbeda dengan gereja-gereja yang tampak melalui surat-surat
Paulus. Namun keberagaman itu tidaklah mengganggu atau merusak iman kepada
Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus yang satu. Dengan kata lain
jemaat-jemaat itu mengaku satu Tuhan yaitu Yesus Kristus, namun ekspressi dan
tafsiran mereka kepada amanat Tuhan yang satu itu sangat beragam dan memiliki
banyak perbedaan.
2.
Jemaat Korintus sendiri, sama seperti kota
pelabuhan yang mereka diami, sangat beragam atau plural serta kompleks.
Keanggotaan jemaat tidak melulu orang-orang keturunan Kristen Yahudi melainkan
juga keturunan Yunani. Ekspressi keagamaan dan spritualitas tidak seragam, ada
yang bersifat reflektif meditative dan ada juga yang bersifat antusias
kharismatik. Di kalangan pelayan juga tidak seragam. Para
pelayan jemaat Korintus juga mengalami perbedaan pendapat dan sikap yang sangat
tajam dan cenderung kepada pengkubu-kubuan.
3.
Rasul Paulus memakai metafora tubuh manusia untuk menjelaskan kepada jemaat
Korintus bagaimana mereka harus memahami dan menghayati keberagaman dan
kesatuan hidup gereja. Sebenarnya dalam surat
Korintus Rasul Paulus tidak hanya memakai lukisan tubuh untuk menggambarkan
gereja. Dia juga melukiskan gereja sebagai ladang dan bangunan. Gereja sebagai
kawanan domna, persekutuan guru-murid, mempelai wanita dll. Dengan demikian
kita mau disadarkan bahwa lukisan tubuh ini bukanlah satu-satunya metafora atau
gambaran tentang gereja. Menarik untuk
direnungkan, mengapa Paulus melukiskan gereja bagaikan tubuh manusia? Pertama: gereja adalah persekutuan yang
hidup, dan bukan benda mati. Kristus sungguh hidup dan anggota-anggotaNya juga
orang-orang yang hidup. Gereja bukan batu atau seonggok tunggul kering. Roh
Kudus menghidupkan gereja dan juga anggota-anggotanya. Kedua: Gereja bertumbuh dan dinamis. Paulus sangat menyukai gereja
yang dinamis. Gereja bukan tubuh mati, mayat atau bangkai. Jika diumpamakan
sebagai pohon, gereja bukan tunggul kering. Gereja ibarat anak manusia yang
bertumbuh menuju kedewasaannya atau bergerak aktif melakukan berbagai karya
pelayanan. Kesatuan gereja sebab itu juga harus dipahami dalam rangka
pertumbuhan dan pendewasaan. Bukan kesatuan yang statis atai mati. Ketiga: gambaran tubuh manusia merupakan
kesatuan kepala dan badan. Tubuh tanpa kepala sama sekali mati, begitu juga
kepala tanpa tubuh. Kristus adalah kepala dan anggota jemaat adalah tubuhnya.
Ini adalah kesatuan yang sungguh tidak terpisahkan. Tanpa Kristus, maka tidak
ada arti gereja sama sekali.
4.
Gambaran tubuh sangat sempurna menjelaskan tentang solidaritas atau perasaan
sepenanggungan. Jika tangan kita sakit maka seluruh tubuh kita ikut
merasakannya. Jika kita memiliki mata yang indah maka seluruh tubuh kita ikut
merasakan bangga. Itulah yang terjadi sehari-hari dalam keliarga inti kita. Jika
anak kita sakit maka orang tua juga merasakannya. Rasul Paulus mengatakan
perasaan sepenanggungan seperti itu harus juga terjadi dalam jemaat yang adalah
tubuh Kristus. Namun itu tidak dapat terjadi dengan sendirinya. Berbeda dengan
tubuh manusia (tangan, kaki, kepala, perut dll sejak lahir sudah bersatu) atau
keluarga, maka anggota gereja tidak sejak wal bersatu dengan yang lain.
Kedekatan dan persatuan anggota gereja dengan anggota lain terbentuk karena
kesengajaan dan melalui proses waktu. Walaupun demikian jika anggota jemaat
sungguh-sungguh hidup dalam Kristus dan Roh Kudus, maka persatua dan sikap
sepenanggungan itu bisa lebih kuat dan dalam.
5.
Tubuh memang satu namun anggotanya banyak dan beragam. Disini kesatuan dan
keberagaman sama nilai dan berharganya. Kesatuan dalam jemaat bukanlah untuk
menindas dan menghilangkan keberagaman dan keunikan. Sebaliknya, keberagaman
dan keunikan masing-masing anggota bukan alas an untuk bercerai atau berpisah.
Bagaimana kita mendamaikan keberagaman dan kesatuan itu? Bagaimanakah agar
masing-masing pihak yang berbeda itu merasa diterima dan diakui serta
diteguhkan? Gambaran tubuh hendak memotifasi kita menghayati keragaman dan
kesatuan dengan wajar. Keberagaman adalah kekayaan dan kesatuan adalah
kekuatan. Tuhan tidak menyuruh kita untuk seragam dalam segala hal. Namun Tuhan
juga tidak menyuruh kita untuk bermusuhan dan saling menghancurkan karena
perbedaan itu. Disinilah kita diingatkan agar saling menghormati. Tidak ada
anggota yang pantas dilecehkan atau dihina. Tidak ada juga yang wajib mendapat
penghormatan yang berlebihan. Pertanyaan: bagaimanakah dalam jemaat sikap
saling menghormati ini diberlakukan, diwujudkan? Seali lagi sikap saling hormat
dan bekerjasama dalam jemaat tidak pernah boleh terwujud dengan sendirinya atau
otomatis. Perlu ada upaya serius dan terus-menerus untuk mewujudkanna menjadi
kenyataan. Dan kata kuncinya adalah ketaatan kepada Kristus sebagai kepala.
Artinya tanpa ketaatan kepada Kristus maka anggota jemaat bisa seperti
penggalan-penggalan tubuh yang tercerai berai. Sebab itu yang utama harus kita
lakukan adalah taat kepada Kristus sebagai kepala.
6.
Namun kerjasama dalam jemaat lebih daripada mata, telinga dan jari kaki. Anggota
jemaat adalah pribadi yang bernyawa, punya perasaan, pikiran dan kehendak.
Bukan sekadar penggalan mata, telinga, kuku, atau rambut. Anggota jemaat dapat
saling mengasihi dan saling membantu secara kreatif dan kritis. Lebih dari itu
anggota jemaat dapat melakukan pergantian dan giliran peran. Dalam tubuh
mata tidak pernah berubah jadi telinga, kaki tidak pernah berubah menjadi
perut. Dalam jemaat, itu bisa dilakukan. Gereja bukan organisasi kasta atau
beku. Anggota jemaat dapat berubah, bergeser dan berpindah, termasuk peran dan
kedudukannya. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar